Tak Banyak Bicara, Tim Sus Polres Bungo Amankan 1 Unit Excavator Dilokasi PETI

BUNGO, HUKUM1197 Dilihat

NARASIJURNAL.COM, Bungo,– Keresahan warga terkait adanya Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) menggunakan alat berat (Excavator) terjawab sudah.

Sekira pukul 13:30 WIB, Kamis (11/06/2020) di Dusun Kerbau Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo- Jambi, Polres Bungo terdiri Unit Tipidter, Unit Jatarnas, Sat Intelkam serta dibantu KPHP Unit 2 dan 3 dari Dinas Kehutanan Kabupaten Bungo berhasil mengamankan satu unit Excavator dititik lokasi aktivitas PETI.

TimSus Polres Bungo siap siap menuju lokasi PETI  menggunakan alat berat di Dusun Batu Kerbau Kecamatan Pelepat

Kapolres Bungo AKBP Trisaksono Puspo Aji melalui Paur Humas M.Noer menjelaskan, tim Sus bersama KPHP unit 2 & 3 Dinas Kehutanan Bungo, mulai siap-siap bergerak ke TKP pada Rabu (10/06) sekira pukul 20.30 Wib. Dilanjutkan pada hari berikutnya, sekira pukul 03:30 Wib Kamis (11/06), tim sampai di PT.Mugitriman International.

Kemudian pada pukul 08.00 Wib, tim kembali melanjutkan penyelidikan untuk memastikan titik lokasi aktivitas PETI itu.

Lanjut M.Noer, Tim khusus ini berhasil menemukan titik koordinat lokasi kegiatan PETI itu sekira pukul 10.00 Wib. Dengan medan yang cukup sulit dijangkau untuk menuju ke titik Lokasi. 

Tim terus bergerak dan masih mendengar suara alat berat sedang beroperasi sebelum menyeberangi sungai, kemudian pada saat tim menyebrangi sungai, salah satu pelaku mengetahui dan langsung melarikan diri. Tidak lama kemdian, suara alat beratpun berhenti tidak terdengar lagi dan pelakunyapun telah kabur.

Setiba di lokasi, Tim kita menemukan 1 unit alat berat (Excavator) merek Hitachi Zaxis 210 warna orange.

“Barang bukti lainnya berupa 1 unit alat computer excavator, 1 unit alat kotak berwarna hitam diperkirakan GPS, 1 unit monitor alat berat dan 1 unit sepeda motor Honda Revo Vit warna hitam didugaa milik pelaku. Kita masih dalam penyelidikan terhadap pemilik alat berat jenis Excavator yang diduga telah melakukan kegiatan PETI”, pungkasnya. (NJ)