Kegiatan TMMD ke 107, Kodim 0416/BUTE Tempatkan Perajuritnya di Rumah Warga

NARASIJURNAL.COM, Bungo,- Kegiatan Tentara Menunggal Membangun Desa  (TMMD) ke 107, yang bakal dibuka pada tanggal 16 Maret 2020 di Dusun Air Gemuruh Keluarahan Sungai Binjai Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo Provinsi Jambi.

Rapat persiapan pemantapan pembukaan TMMD ini telah dilakukan, dihadiri Bupati Bungo H. Mashuri, unsure Forkompimda Bungo, Kepala OPD dan Instnasi terkait, di ruang utama Kantor Bupati Bungo Selasa (10/03/2020).

Suasana rapat pemantapan kegiatan pembukaan kegiatan TMMD di Bungo

Kodim 0416/Bute Letkol Inf Widi Rahman menyampaikan, kegaitan TMMD  yang dimotori oleh TNI, akan digelar di 50 wilayah yang akan dilakukan secara serentak se Indonesia.

Widi menerangkan, dari anggaran 1,5 Miliar yang ditetapkan melalui APBD Pemerintah Kabupaten Bungo, adanya pembukaan akses jalan sepanjang 7 kilo meter, ditambah pengerasan jalan 4,7 kilo meter. Selanjutnya, ada 13 titik gorong-gorong dan 2 Box.

Disamping itu, juga ada sasaran tambahan, peningkatan pertanian warga, selanjutnya pengobatan gratis juga ada, kemudian rehab mushollah, pembuatan lapangan olahraga, dan membangunkan rumah geratis semi permanen kepada seorang nenek yang tidak memiliki rumah di Dusun tersebut.

“Selain dari segi fisik, kita juga memprogramkan pembangunan jiwa kepada masyarakat. Seperti halnya penyuluhan tentang Harkutla, kesehatan, hukum dan penyuluhan lainnya. Kegaitan ini kita libatkan 150 anggota TNI, di samping itu anggota kita juga di tempatkan di rumah warga, tujuannya agar kediaman warga tersebut kedepannya dapat berubah lebih baik lagi. Dan kita juga sampaikan, bahwa jangan khuwatir anggota yang kita tempatkan di rumaha warga ini, tidak akan membebankan kepada pemilik rumah, karena nggota kita telah disediakan uang lauk pauk setiap harinya,” kata Letkol Inf Widi Rahman.

Ditambahkan Widi, besar harapan Kegiatan TMMD ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan, menurutnya kegiatan ini disebut menunggal artinya semua pihak terlibat, baik pemerintah, OPD dan instansi terkait.

“Suksesnya kegaitan TMMD ini adalah kesuksesan kita bersama, dan kegagalan kegiatan TMMD ini adalah kegagalan kita semua,” pungkasnya. (NJ)

//Jurnalis, UDIN narasijurnal.com