Silaturahmi ASPENA dan IKADAMAS Bandung, Aspena Kabarkan Kemajuan Dharmasraya di Bandung

Lintas Kecamatan120 Dilihat

NARASI JURNAL. COM, DHARMASRAYA – Agenda Studi Banding Asosiasi Pemuda Nagari Dharmasraya (ASPENA) ke Kabupaten Bandung Jawa Barat sejak Selasa 30 Agustus hingga Sabtu 3 September 2022 menjadi momentum silahturahmi bersama keluarga besar Dharmasraya yang merantau di kota Kembang. Ratusan perantau yang tergabung bersama Ikatan Keluarga Dharmasraya (IKADAMAS) Bandung menggelar pertemuan yang berlangsung di Coopers Coffee Cibaduyut Jumat (2/9) malam.

Kehadiran rombongan Aspena disambut antusias oleh pembina dan pengurus IKADAMAS Dharmasraya. Tak hanya itu, untuk memastikan rombongan Aspena sampai di lokasi pertemuan, pengurus IKADAMAS sengaja menjemput rombongan menggunakan pribadi ke hotel tempat rombongan Aspena menginap.

Ketua Aspena Dharmasraya, Darisman menyebutkan bahwa pertemuan ASPENA dan IKADAMAS di Bandung ini menjadi momen berharga bagi kami semua.

“Banyak hal yang kita bahas bersama kawan kawan IKADAMAS. Dengan pertemuan ini kedepannya kita sepakat untuk dapat berbagi pemikiran dalam membangun Nagari dan daerah, ” ungkap Darisman usai pertemuan bersama Ikadamas Minggu (4/9) malam.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Aspena, Darisman banyak memaparkan kemajuan-kemajuan Dharmasraya 7 tahun terakhir ini kepada perantau Dharmasraya di Bandung.

“Selama 7 tahun terakhir, pemkab Dharmasraya dibawah komando Bupati Sutan Riska telah banyak kemajuan dan perubahan di Dharmasraya. Diantaranya, jalan 2 jalur di Sungai Rumbai, Koto Baru, Pulau Punjung. masjid Agung Dharmasraya, Islamic Center, Jembatan Pulai, Rusunawa, Ratusan Km Jalan Kabupaten, Gardu Induk, Akses jalan Pulau Punjung – Timpeh via Bukit Lantak, akses listrik hingga ke Lubuak Labu IX Koto dan banyak lagi, ” ungkap Darisman.

Darisman berharap kepada perantau agar lebih bisa memfilter setiap informasi tentang Dharmasraya dan malah beliau memberikan nomor kontak HP beberapa pengurus Aspena guna akurasi informasi jika diperlukan.

Lebih jauh Darisman, menjelaskan, saat inilah masa-masa keemasan dan kebanggaan sebagai warga Dharmasraya, dulu kita begitu dipandang sebelah mata oleh daerah lain di Sumbar apalagi di kancah Nasional, sekarang Bupati kita Sutan Riska Tuanku Kerajaan menjadi orang nomor wahid di kalangan Bupati di seluruh Indonesia dengan menjabat sebagai Ketua Umum APKASI.

Untuk itu, Darisman berharap kepada perantau Dharmasraya di Bandung dan dimana saja, agar terus menjaga nama baik daerah di perantauan

“Kita punya tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk daerah kita sesuai kapasitas dan kapabitas masing-masing, ” tegasnya

Menurutnya, adanya perkumpulan Ikadamas ini dapat memberikan sumbangsihnya terhadap pembangunan di Dharmasraya.

Terpisah Irzal Rianto Koordinator Aspena Wilayah Selatan, menambahkan bahwa, melalui pertemuan dengan perantau ini, kita dapat membangun komunikasi dan sinergitas positif yang bisa dikembangkan di kampung halaman nantinya.

Irzal Rianto menjelaskan potensi nagari atau desa wisata yang saat ini sedang tumbuh di Sumbar. Tentunya nagari nagari yang fokus pada sektor wisata yang saat ini butuh sentuhan dari perantau.

“Banyak hal yang bisa dikembangkan dan kita harapkan perantau menjadi bagian melancarkan upaya-upaya ini,” jelasnya

Sementara itu, Fungsional Disparpora Dharmasraya, Zarkasyi yang turut hadir dalam pertemuan itu mengapresiasi adanya Ikadamas Bandung ini.

“Adanya Ikadamas ini diharapkan mampu menyatukan sanak saudara kita asal Dharmasraya yang merantau di Bandung ini, ” ujarnya

Zarkasyi menyampaikan bahwa pembangunan daerah harus melibatkan banyak unsur, tidak hanya yang berada di daerah saja tetapi membutuhkan dukungan semua pihak.

“Pembangunan daerah butuh dukungan dan uluran bantuan secara materi maupun non materi dari perantau yang tersebar di seluruh penjuru tanah air,” ujarnya

Ketua Ikadamas Bandung, Darpan menyebutkan bahwa silaturahmi bersama para pemuda nagari se Dharmasraya atau Aspena ini adalah pertemuan yang sangat langka dan penuh kekeluargaan.

“Kami sangat berterimakasih atas kedatangan keluarga besar Aspena di Bandung ini, disini kita bisa berdiskusi banyak terkait tujuan Ikadamas ini dan kemajuan kampung halaman, ” ujar Ketua Ikadamas Bandung, Darpan didampingi Sekretaris, Pingki dan Bendahara, Fajjer.

Darpan menambahkan, dalam pertemuan ini, mewakili pengurus ia menyampaikan bahwa Ikadamas Bandung berencana memiliki rumah singgah untuk menampung sanak saudara yang datang ke Bandung.

“Rumah singgah ini nantinya kita sediakan untuk sanak saudara yang datang ke Bandung, baik yang mau mencari kerja, berobat atau berlibur,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya secara swadaya telah mengakomodir kedatangan sanak saudara yang datang ke Bandung. Hal ini dilakukan sembari mendata para perantau Dharmasraya yang ada di Bandung.

“Dari data sementara kita saat ini, ada 150 an orang yang tergabung dalam Ikadamas Bandung, ” ujarnya.

Bendahara Ikadamas, Fajjer menambahkan bahwa selain bertujuan untuk memperkuat kebersamaan di tanah rantau, Ikadamas juga mengharapkan terbangun kerja sama yang baik antara perantau dengan pemerintah nagari maupun pemkab Dharmasraya.

“Dengan pertemuan ini kita harapkan kolaborasi dan sinergitas yang baik antara pemerintah dengan para perantau. Baik di bidang ekonomi maupun sumbangsih pemikiran dalam membangun Dharmasraya, ” katanya.

Fajjer berharap ke depannya diagendakan pertemuan bersama Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi banyak hal, baik untuk para perantau maupun pembangunan Dharmasraya.

“Kami para perantau yang tergabung dalam Ikadamas akan mendukung visi misi bupati Dharmasraya untuk membangun kabupaten Dharmasraya, ” pungkasnya. (Sam)

Silahturahmi Pengurus Aspena Dan Ikadamas di Bandung./samin.