Ketua DPRD Dharmasraya Orasi Ilmiah Di UNP

DPRD Dharmasraya256 Dilihat

NARASI JURNAL, DHARMASRAYA – Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto SH, Jumat (19/8), memberikan orasi ilmiah dihadapan 700 Mahasiswa Baru Universitas Negeri Padang (UNP).

Politisi PDI Perjuangan yang juga sebagai Waketum DPP ADKASI ini menyampaikan orasi ilmiahnya tentang pengenalan nilai budaya dan wawasan kebangsaan.

Dalam orasinya, Pariyanto mengatakan untuk melihat suatu negara atau bangsa saat ini, hingga masa akan datang maka yang harua dilihat bagaimana kondisi masyarakat saat ini terutama melihat generasi mudanya saat ini. Sebab itu semua akan menjadi cerminan suatu bangsa.

“Kalau kita mau lihat bangsa Indonesia saat ini, lihat kita sekarang. Kalau baik kita berarti baik Indonesia, jelek kita berarti jelek Indonesia. Untuk itu, kalau kita cinta Indonesia, mari mulai saat ini, kita tanamkan nilai budaya Minangkabau dan kita tanamkan nilai nilai wawasan kebangsaan dihati kita, ” jelas Pembina IOSKI Sumbar ini yang disambut gemuruh dan tepuk tangan dari mahasiswa UNP.

Kata Pembina ASIAFI Sumbar ini, untuk menjadikan negara dimasa yang akan datang menjadi maju. Tentu yang harus dipersiapkan adalah Sumber Daya Manusia.

“Langkah adik adik sekarang dengan berkuliah di UNP ini sudah sangat tepat, yang harus adik adik lakukan belajar sungguh-sungguh, raih prestasi, dan saya yakin dari banyak mahasiswa ini nanti akan menjadi pemimpin pemimpin dimasa akan datang, ” tegasnya.

Indonesia saat ini, kata Dewan Pembina IPSI Sumbar, merupakan salah satu negara yang mendapatkan bonus demograsi atau generasi emas.

“Untuk menghadapi itu semua tentu pilar pilar kebangsaan dan budaya yang ada serta agama harus sudah mulai kita tanamkan menyongsong generasi emas 2045,” jelasnya.

Kemudian kata Ketua KORMI Dharmasraya, titik tertinggi dari persatuan bangsa adalah 4 pilar kebangsaan. Dimana empat pilar kebangsaan tersebut diinisiasi oleh Taufik Kemas.

“Apa empat pilar itu, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhehineka Tunggal Ika, ” jelasnya.

Terakhir Pariyanto juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor UNP dan juga civitas akademika dari UNP yang memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk berbagi pengalaman dan sharing informasi bersama para mahasiswa baru UNP.

“Terimakasih semoga kedepan, kita bekerjasama untuk bersama membangun Indonesia khususnya Sumatera Barat, ” bebernya.

Terpisah, setelah selesai kegiatan, salah satu mahasiswa baru UNP saat dikonfirmasi mengaku bahagia dan bangga bisa mendengarkan sharing ilmu dari ketua DPRD Dharmasraya.

“Orangnya supel banget, ramah, sederhana dan apa yang disampaikan juga sangat mengena. Insya Allah kami akan menjadi generasi harapan bangsa kedepan, ” tandasnya.(mde)