Bupati Dharmasraya Minta Kader Dapat Merangkul Masyarakat untuk Dukung Program Pemerintah

NARASIJURNAL.COM, DHARMASRAYA – Orang nomor satu di Kabupaten Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka acara Jambore Kader  PKK Berprestasi. Acara ini dilaksanakan di Auditorium kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (22/06/22) yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Dharmasraya, Dewi Sutan Riska, Camat se-Kabupaten Dharmasraya dan seluruh peserta lomba PKK se- Kabupaten Dharmasraya.

Dalam sambutannya, Bupati Dharmasraya yang juga menjabat sebagai Ketua APKASI Indonesia mengatakan bahwa pembangunan nasional merupakan upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka mencapai tujuan negara. Namun pembangunan fisik, infrastruktur dan sistem pemerintahan saja belum cukup, sebab harus didukung sdm yang berkualitas. Individu yang berkualitas tentunya berawal dari  lingkungan keluarga, karena dari keluargalah akan lahir generasi penerus bangsa yang dapat menerima dan meneruskan tongkat estafet pembangunan khususnya di kabupaten dharmasraya.

TP PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) merupakan mitra pemerintah dengan 10 program pokok yang selaras dengan dinamika pembangunan. Kegiatan PKK di daerah adalah bagian integral dari kegiatan PKK secara nasional, yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu di setiap propinsi, kabupaten, kecamatan, nagari sampai kelompok-kelompok PKK dan dasawisma.

“TP PKK sebagai mitra pemerintah daerah, menjadi motor penggerak program pemberdayaan masyarakat yang berupaya menumbuhkan partisipasi masyarakat. Baik dalam kegiatan pembangunan  maupun dalam kegiatan peningkatan kualitas hidup, dengan tujuan mulia mewujudkan keluarga sehat sejahtera yang merata. Kiprah TP PKK di lingkungan masyarakat  merupakan salah satu ikon bergeraknya masyarakat khususnya perempuan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga, dan lebih terasa efektivitasnya dengan adanya kader-kader yang secara langsung menjangkau masyarakat,” kata Bupati dihadapan seluruh peserta lomba PKK.

Kata Bupati lagi, bahwa kader – kader PKK pada 11 kecamatan di Kabupaten Dharmasraya tentunya sudah memiliki tugas dan fungsinya masing – masing. Bupati berharap para kader PKK dapat merangkul masyarakat, berkolaborasi dengan bekerjasama dalam mendukung terlaksananya program – program pemerintah. Kegiatan jambore PKK ini merupakan salah satu ajang untuk memupuk kebersamaan tersebut, membangun silaturrahmi untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dari kader PKK.

“Saya sangat mendukung pelaksanaan  kegiatan ini sebagai salah satu upaya TP PKK Kabupaten Dharmasraya dalam mewujudkan 10 program PKK, yang sekaligus akan mendorong tercapainya visi dan misi Kabupaten Dharmasraya. Maka pada kesempatan ini saya mengajak para kader sekalian untuk mengikutinya dengan penuh semangat kekeluargaan. Mari kita satukan langkah dan persepsi sehingga program kerja dapat terlaksana dengan baik,” ajak Bupati kepada seluruh kader PKK se-Kabupaten Dharmasraya.

Berbagai perlombaan yang diadakan sebagai rangkaian acara jambore PKK ini, semoga dapat melahirkan kader – kader PKK kreatif, terampil, yang kompeten baik secara individu maupun kelompok, mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Dan dapat memberdayakan masyarakat secara maksimal, dan membawa perubahan yang berarti bagi masyarakat, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun nagari.

Sementara itu menurut Ketua TP PKK Dharmasraya, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kabupaten Dharmasraya, yang selalu memberikan suport dan dukungan penuh  bagi terlaksananya kegiatan dan program program PKK di  Kabupaten Dharmasraya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas semangat dan kerjasama dari seluruh pengurus TP PKK Kabupaten Dharmasraya, yang telah menyumbangkan waktu, tenaga dan fikirannya  dalam mempersiapkan pelaksanaan acara jambore kader PKK berprestasi tingkat Kabupaten Dharmasraya tahun 2022 ini,” ujar Dewi Sutan Riska.

Gerakan pkk merupakan salah satu unsur pembangunan yang menjadi mitra pemerintah, dengan 10 program pokok PKK yang bersentuhan langsung dengan pemberdayaan ekonomi dan karakter keluarga. Gerakan PKK memiliki misi mulia dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga melalui peningkatan kualitas hidup keluarga, dengan mengutamakan sumber daya manusia sejak bayi dalam kandungan, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi balita, remaja, dewasa, hingga lanjut usia.

Hal ini dikarenakan lingkungan keluarga merupakan tempat bermulanya perkembangan pribadi, karakter dan mental, serta pola pikir manusia dibentuk.terbentuknya individu yang bai. Berimbas pada munculnya sumberdaya manusia berkualitas yang akan menjadi fondasi bagi pembangunan bangsa yang berdaya dan sejahtera.

Gerakan PKK berperan sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif. Didalam konteks pemberdayaan, masyarakat adalah aktor utama yang menjadi penentu pembangunan.

TP PKK merupakan salah satu penggerak yang dapat melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di setiap jenjang. Dalam hal ini, TP PKK Kabupaten Dharmasraya terus berupaya meningkatkan perannya di tengah masyarakat. Berbagai ikhtiar dilakukan untuk menjalankan 10 program Pokok PKK yang sekaligus akan berkontribusi dalam terwujudnya visi misi Kabupaten Dharmasraya. Salah satu wujud dari upaya tersebut adalah kegiatan jambore Kader PKK berprestasi yang akan kita ikuti pada hari ini.

“Besar harapan saya agar kegiatan jambore ini dapat membangun kesadaran yang menumbuhkan kemauan. Lalu menambah pengetahuan yang menimbulkan kemampuan, serta membangun keseimbangan, yakni seimbang dalam menjalankan peran sebagai kader PKK, istri dan ibu yang akan menghadirkan keharmonisan. Semoga kader – kader PKK di Kabupaten Dharmasraya mampu menjadi kader yang tangguh dan handal, kompeten dalam mengerjakan semua tugas pada setiap posisi, serta dapat melakukan pendekatan terbaik kepada masyarakat,” harap istri Bupati Dharmasraya dua periode.(*mde)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.