Sapi Mati Mendadak di Kecamatan Jujuhan, Pemilik Khawatirkan Penyakit Mulut dan Kuku Menyerang

PERISTIWAby : Redaksi

NARASIJURNAL.COM, – Akhir akhir ini penyakit hewan, wabah virus penyakit mulut dan kuku melanda hewan ternak. Penyakit ini dikhwatirkan bagi peternak menimpa hewan peliharaannya. Adefriko (40) warga Tanjung Belit kecamatan Jujuhan mengaku menemukan hewan ternaknya (Sapi) tergeletak mati mendadak, tanpa diketahui penyebabnya, Kamis (19/05/2022).

“Kemarin kondisi sapi saya ini sehat, tiba tiba hari ini saya temukan sudah mati, Sayo takut kalau hewan Sayo ini sudah kena penyakit mulut dan kuku, seperti virus hewan yang viral saat ini,” ucapnya.

Lanjut Adefriko, mengharapkan kepada dinas terkait agar memeriksa hewan ternak di sekitar kecamatan Jujuhan. Karena, santer terdengar issue terkait penyakit mulut dan kuku yang merupakan wabah virus pada hewan ternak. Wabah ini menyebabkan penyakit viral yang sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku.

“Ini baru satu ekor sapi saya yang mati, yang baru berumur 2 tahun, semoga tidak ada hewan ternak lain nya lagi yang bernasib sama,”harapnya.

Terpisah, petugas penyuluh peternakan di kecamatan Jujuhan, Azizah saat dikonfirmasi membenarkan, kalau ada laporan dari masyarakat terkait adanya hewan ternak sapi milik warga yang mati mendadak.  “Nanti kita cek, penyebab nya apa, belum bisa kita pastikan kalau itu mati karena virus,” pungkasnya. (Azh/NJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.