Kembali Buaya Ukuran Besar ini Muncul Melintasi Warga

NARASIJURNAL.COM, Riau- Buaya besar kembali muncul tiba tiba di sungai yang sering dilewati oleh warga, kondisi ini sudah lama meresahkan warga setempat.

Terlihat buaya besar sedang terdampar di Sungai Kompas desa Sebrang Sanglar, lama, kerap muncul meresahkan warga setempat. (Foto Inang/ dok. www.narasijurnal.com)

Sebelumnya beberapa bulan lalu, buaya besar juga kerap kali muncul di sungai Kompas desa Sebrang Sanglar Lama. Kali ini, Sore sekira pukul 16.00 Wib, Jum’at (8/10/2021), warga kembali melihat buaya besar di desa Sungai Gading, Kecamatan Reteh Kabupaten Indra Giri Hilir-Riau.

Salah seorang warga Joni Iskandar, sempat mengabadikan buaya besar yang selama ini meresahkan. Ketika ia menuju ke Desa Sei Gading, terlihat buaya muncul melintasi sungai.

“Buaya besar ini habis memangsa hewan ternak milik warga, saat Angsa warga berenang di tepi sungai sore ini. Ketika saya lewat, buaya sempat melintasi kami. Seketika itu juga saya abadikan melalui HP Android saya,” ucap warga Joni.

Joni menceritakan, beberapa waktu lalu, warga parit 13 desa Pulau Kecil sudah ada menjadi korban, warga digigit buaya. “Memang belum ada warga Seberang Sanglar, dan Desa Sei Gading yang menjadi korban digigit buaya. Tapi kita tidak ingin hal serupa itu terjadi di desa Pulau Kecil Paret 13, sudah ada yang warga kena gigit buaya,” tuntasnya.

Buaya besar yang kerap kali muncul di sungai dekat pemukiman warga ini tentu sangat membahayakan, karena sungai yang dilalui warga menggunakan perahu sangat mengancam keselamatan warga, terutama anak kecil yang sering mandi ke sungai.

Warga meminta pihak pemerintah desa bersama pihak pemerintah Kecamatan, agar saling berkoordinasi dengan pihak instansi terkait pemerintah Kabupaten Indra Giri Hilir untuk melakukan penagkapan buaya yang sudah lama diresahkan warga Sanglar. (Cr05/NJ)