Sutan Riska Berikan Wujud Nyata Kecintaannya Terhadap Adat Istiadat Minangkabau

Lintas Kecamatan293 Dilihat

DHARMASRAYA – Sebagai bentuk wujud nyata Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan terhadap adat istiadat Minangkabau adalah memberikan insentif kepada orang orang yang berkecimpung langsung dengan adat. Yaitu ninik mamak, dulubalang, penghulu, dan lainnya yang bertugas menyiarkan adat istiadat Minangkabau tersebut mendapatkan perhatian dari orang nomor satu di Kabupaten Dharmasraya. Hal jnj disampaikan oleh Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat menghadiri acara pertemuan silaturahmi bersama Raja-raja se-Pagaruyung, (04/04/2021).

Pemberian insentif ini dilakukannya sejak ia menjabat sebagai Bupati Dharmasraya tahun 2016 sampai tahun ini.

“Alhamdulillah, sejak saya menjabat sebagai Bupati Dharmasraya tahun 2016 sampai sekarang ini. Seluruh perangkat adat istiadat di Dharmasraya mendapatkan insentif. Hal ini bertujuan agar beliau beliau yang bertugas mempertahankan dan menyiarkan adat istiadat mendapatkan insentif dari pemerintahan. Bukan hanya orang orang yang bertugas di pemerintah saja, akan tetapi mereka juga berhak mendapatkannya. Dan adat istiadat tersebut dapat sejalan dengan pemerintahan, ” Ungkap Bupati dua periode tersebut.

Bupati juga berharap adat Minangkabau ini dapat terus dilestarikan, sehingga masyarakat di seluruh nusantara dapat mengetahui bahwa di Sumatera Barat memiliki sesuatu yang berbeda dari daerah daerah yang lain. Oleh karena itu, adat Minangkabau harus terus dipertahankan, dilestarikan, dicintai dan dihargai oleh semua orang.

Bukan hanya itu, Bupati juga mencanangkan kecintaannya kepada adat alam Minangkabau dengan cara menerapkan kepada para pegawai yang ada di Dharmasraya untuk memakai baju yang bercirikan Minangkau. Yakni, perempuannya memakai baju basiba, dan laki lakinya memakai baju taluak balango. Pakaian tersebut diwajibkan dipakai setiap hari Jum’at.

“Kalau bukan kita yang mempertahankan, siapa lagi. Karena saat ini, anak anak muda tidak mengetahui secara detail tentang adat istiadat. Untuk itu, kita harus memberikan informasi kepada mereka tentang adat alam Minangkabau, dan menumbuhkan kecintaan di hati mereka. Sehingga adat istiadat ini akan terus bertahan dan terlestarikan dengan baik, ” Pungkas Bupati. (Mde)