KUA Rantau Pandan Masuk Piloting Revitalisasi KUA Tahun 2021

BUNGO887 Dilihat

NARASIJURNAL.COM, BUNGO– Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Rantau Pandan, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi resmi ditetapkan sebagai KUA Piloting Revitalisasi KUA tahun 2021 dari Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Bersamaan 100 KUA dari 34 Provinsi, termasuk di Provinsi Jambi ada 2 KUA yang ditetapkan Piloting Revitalisasi KUA tahun 2021 yakni KUA Bajubang Kabupaten Batang Hari dan KUA Rantau Pandan Kabupaten Bungo.

Peresmian Lounching KUA Rantau Pandan sebagai Piloting Revitalisasi KUA tahun 2021, ditandai pemukulan gong oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi H.Muhammad

Kegiatan Lounching Piloting Revitalisasi KUA Kecamatan Rantau Pandan, dihadiri Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Drs.H. Muhammad M.Pd.I, Kakan Kemenag Bungo H.Muhammad Iqbal M.Pd.I, hadir juga Bidang Oraiz, Kepala TU Kemenag Bungo, Kasi Bimas Islam, Para Kasi dan Staf serta seluruh Kepala KUA se Kabupaten Bungo, PAI yang hadir serta dihadiri Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya. Rabu, (31/03/2021).

Sambutan dari Kakanwil Kementerian Agama H Muhammad

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kementrian Agama, H Muhammad  menyampaikan, setelah ditetapkannya KUA Rantau Pandan salah satu KUA Piloting Revitalisasi maka hendaknya sebagai contoh pelayanan yang prima bagi KUA yang ada di Provinsi Jambi.

“Kepastian pelayanan harus didapatkan oleh masyarakat. Ketika masyarakat menginginkan informasi tentang haji, syarat nikah dan pelayanan keagamaan lainnya KUA harus bisa pastikan info itu bisa diperoleh oleh masyarakat,” ujar Muhammad dihadapan seluruh Kepala KUA dan undangan yang hadir.

Ditambahkan nya, sehubungan dengan semangat dan tekad Menteri Agama untuk mewujudkan Kemenag Baru yaitu, perbaikan manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi, penguatan moderasi beragama, serta mengokohkan persaudaraan, maka dalam rangka mewujudkan nya itu, perlu melakukan transformasi pelayanan publik melalui revitalisasi KUA yang mencangkup.

1. Perbaikan dukungan sarana dan prasarana.
2. Perbaikan tata kelola serta pembangunan jenis layanan dan bimbingan.
3. Peningkatan kapasitas SDM.
4. Integrasi sistem data dan informasi.

Selanjutnya ditambahkan, Kakan Kemang Bungo H Muhammad Iqbal, KUA Rantau Pandan memenuhi kriteria gedung SBSN, pelayanan akad nikah di Kantor juga  memadai.

Tampak gedung KUA Rantau Pandan dari depan

“Alhamdulillah seluruh KUA yang ada di Bungo, sudah memenuhi standar pelayanan, mulai dari pelayanan administrasi hingga prosesi akad nikah sudah tersedia di KUA,” tandsanya.

Acara Lounching KUA Rantau Pandan sebagai Piloting Revitalisasi KUA tahun 2021, ditandai pemukulan Gong dimulai dari Kakanwil Kemenag Jambi, lanjut Kakan Kemenag Bungo, diteruskan para tokoh masyarakat yang hadir dan dilanjutkan foto bersama. (NJ)