Kakanwil Kemenag Jambi: “Sayo Geli Dikalungi Bunga Kita ini Pelayan Masyarakat”

oleh -80 views

NARASIJURNAL.COM, BUNGO- “Sayo geli dikalungi bungo, kalau Sayo datang dak perlu disambut kompangan apo lagi dikalungi bungo emang Sayo ni siapo nian,” hal itu terucap dengan logat bahasa Daerah Jambi, dari bibir Kepala Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Drs. H Muhammad M.Pd.I dihadapan Kepala KUA se Kabupaten Bungo dan para undangan yang hadir saat meresmikan Lounching Piloting Revitalisasi KUA Kecamatan Rantau Pandan, Rabu, (31/03/2021).

Dihadapan undangan yang hadir, Kakanwil Kemenag Jambi ini juga menyebutkan, bahwa dirinya adalah pelayan masyarakat. Disela itu, Muhammad juga mengingatkan kembali agar pelayanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bungo mampu memberikan pelayanan yang prima.

“KUA adalah ujung tombak pelayanan Kemenag yang ada di Kecamatan, fungsikanlah semua yang ada. Gedung bagus tidak cukup, tapi perlunya pelayanan yang maksimal dan kepastian informasi kepada masyarakat,” tegasnya.

Ditambahkan nya mengenai catatan pernikahan, tugas dan tanggung jawab KUA jangan dicampur adukan dengan aturan adat. Namun KUA harus berdampingan dengan Adat karena aturan adat tidak bisa dihilangkan.

“Kita sebagai pencatatan nikah, asalkan persyaratan yang ditetapkan lengkap, ya dilaksanakan. Jika ada aturan adat di suatu tempat itu untuk mengatur pembayaran lainnya silahkan, itu urusan adat. Jadi jangan campur adukan urusan Kantor dengan urusan Adat,” tegas Muhammad. (NJ)