Bakal Gelar UKW di Bungo, Ini Tanggapan Kadis Kominfo dan Persandian

BUNGO354 Dilihat

NARASIJURNAL.COM, Bungo- Kualitas penyajian berita sangatlah dibutuhkan, sehingga pesan tersampaikan dengan baik kepada publik. Untuk itu perlunya wartawan mengikuti uji kompetensi. Hal ini disampaikan Ketua DPW JOIN Zakaria saat momen Tasyakuran Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di rumah Dinas Bupati Bungo, Jum’at (12/02).

Menurut Zakaria, wartawan sangat penting mengikuti uji kompetensi , sehingga memahami betul maksud profesi wartawan. Bukan hanya menguasai dan menghafal Undang-undang Pers, tapi juga memahami maksudnya serta memahami apa itu kode etik jurnalistik (KEJ).

“Kita berharap, ada uji kompetensi diadakan di Bungo yang dimotori oleh Dinas Kominfo, sehingga wartawan di Bungo memiliki kecakapan dalam penulisan berita dan profesional dalam menjalankan tugasnya selaku insan Pers di Kabupaten Bungo,” ucapnya.

Kadis Kominfo Zainadi menanggapi langsung dalam dialog interaktif itu, uji kompetensi wartawan memang perlu agar wartawan liputan Pemda dapat lebih berkualitas dalam menyajikan berita.

“Usulan itu kita terima dan ke depanya kita pelajari dulu bagaimana mekanismenya. UKW di Bungo memang sangat baik, karena juga membantu wartawan yang ada di Bungo tidak perlu lagi ke luar daerah mengeluarkan biaya besar. Jadi cukup kita undang pengujinya,” tutup Zainadi.(NJ)