Warga Suko Menanti Khawatir Pemukiman Mereka Terbawa Longsor

BUNGO, DAERAH393 Dilihat

NARASIJURNAL.COM, BUNGO – Warga Kampung Suko Menanti, Dusun Tanjung Belit Kecamatan Jujuhan khawatir. Pasalnya, bibir sungai yang tidak jauh dari pemukiman mereka longsor yang semakin melebar, akibat derasnya air sungai Batang Asam pasca banjir menerjang beberapa pekan terakhir.

Ridwan selaku Kepala Kampung Suko Menanti menuturkan, warganya merasa khawatir jika sewaktu waktu banjir kembali melanda, longsor kembali mengikis bahu jalan, bahkan nyaris mengancam rumah warga.

Kondisi longsor sudah cukup parah, nyaris mengikis pemukiman rumah warga. Jika hal ini terus dibiarkan ditakutkan longsor tambah parah yang membuat pemukiman warga ikut ambruk.

Warga Kampung Suko Menanti saat memantau debit air sungai, mereka khawatir longsor kembali terjadi.

“Kita harapkan lokasi ini segera dibangunkan turap, agar longsor tidak tambah lebar,” pintanya.

Ditambahkan Rio Tanjung Belit Jonri Yusren, kondisi ini memang sudah sangat parah, awalnya akibat jembatan beton beberapa terakhir ini terendam banjir, sehingga material seperti halnya kayu sangkut di badan jembatan, dengan demikian mengakibatkan air melebar kepinggir sungai, membuat longsor ke bibir sungai.

“Kita juga berharap kondisi ini dapat diperhatikan Dinas terkait, segera dapat meninjau lokasi ini sebelum terjadi longsor yang lebih parah lagi,” harapnya. (03/NJ)