Kasi Bimas Islam Kemenag Bungo Lakukan Pembinaan Kepada PAI

BUNGO644 Dilihat

NARASIJURNAL.COM, Bungo,- Pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS diikuti sebanyak 139 dan 10 Penyuluh fungsional se Kabupaten Bungo, dikondisi pandemi covid-19 ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Para peserta yang hadir memakai masker selama mengikuti pembinaan di Kantor Kemenag Bungo.

Kasi Bimas Islam H.Harlek S.Ag M.H foto bersama kepada Penyuluh usai kegiatan pembinaan

Pembinaan dilakukan perkelompok dan telah terjadwal, pembinaan sejak Senin 10 Agustus 2020, diikuti dari penyuluh Kecamatan Bungo Dani, Bathin II Babeko dan Kecamatan Tanah Sepenggal. Dilanjutkan pembinaan, Selasa 11 Agustus 2020, penyuluh dari Kecamatan Pelepat, Bathin III, dan Rantau Pandan.

Kemudian pembinaan diteruskan pada 12 Agustus 2020, diikuti penyuluh dari Kecamatan Bathin III Ulu, Tanah Sepenggal Lintas, Bathin II Pelayang. Dilanjutkan kegiatan pembinaan, Kamis 13 Agustus 2020, penyuluh dari Kecamatan Jujuhan, Muko-muko Bathin VII dan Kecamatan Tanah Tumbuh.

Kakan Kemenag Bungo H.Muhammad Ikbal S.Ag M.H, melalui Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Bungo H.Harlek S.Ag M.H menuturkan, pembinaan dilakukan upaya agar penyuluh dapat bekerja maksimal sesuai tugas dan fungsi penyuluh.

H.Harlek menyebutkan, suasana masih pandemi covid-19, penyuluh harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

“Meski kita dicemeeh, tapi kita harus tetap mensosialisasikan kepada kelompok binaan agar tetap memakai masker karena pandemi ini belum berakhir. Saya juga berharap, penyuluh dapat memanfaatkan media soaial sebagai fasilitas berdakwah”, ujar Harlek dalam pembinaanya, Kamis, (13/8/2020).

Ditambahkan H.Harlek, Penyuluh juga diminta harus memiliki program kerja baik jangka pendek dan jangka panjang. Disamping itu Penyuluh  teruslah membangun komunikasi dengan pihak Instansi manapun, terutama bagi penyuluh dibidang Radikalisme, Aliran sempalan dan Narkoba.

“Insyallah kembali dijadwalkan kegiatan pembinaan pada tanggal 18 Aguatus, diikuti penyuluh dari Kecamatan Rimbo Tengah, Limbur Lubuk Mengkuang dan Kecamatan Pelepat. Terakhir dijadwalkan pembinaan pada tanggal 19 Agustus 2020, diikuti penyuluh dari Kecamatan Pasar Muarabungo dan Jujuhan Ilir” pungkasnya. (NJ)