Belum Miliki DPJP, RS Sentral Medika Tampung Pasien Positif Covid-19, Kini Menjalani Isolasi

PERISTIWA272 Dilihat

NARASIJURNAL.COM, Bungo,- Pasien 03 positif covid-19 Asal Bungo, yang sebelumnya dirujuk di RSUD Raden Mattaher Jambi. Saat ini diisolasi di RS Sentral Medika Muarabungo. Hal ini disampaikan juru bicara tim gugus penanganan covid-19 Bungo dr.Safarudin Matondang saat konferensi pers (28/04/2020).

Pemindahan pasien positif covid-19 ini diakui oleh dr.Safarudin Matondang bahwa tidak ada koordinasi dengan pihak tim gugus tugas penanganan covid-19 Pemda Bungo.

“Tidak ada koordinasi dengan kita, memang tiga minggu yang lalu ada kabar mau dipindah ke Bungo. Tapi kita minta jangan dulu, karena pasien tersebut masih positif covid_19. Disamping itu juga ruang isolasi di RSUD H.Hanafie Muarabungo terisi semua.” Ujar safarudin.

Setelah pihaknya mendapat kabar dari salah satu anggota Dewan Bungo, kalau pasien tersebut sudah berada di RS Sentral Medika Muarabungo beberapa hari yang lalu.

Terkait hal ini, pihaknya langsung melaporkan ke Bupati H.Mahuri melalui via telepon selaku Ketua gugus tugas covid-19. Dan langkah selanjutnya meminta keterangan dari pihak RS Sentral Medika.

“Pasien ini sudah melewati uji swab dua kali, namun hasilnya masih positif”, katanya.

Mengenai RS Sentral Medika Muarabungo belum bisa dikatakan memenuhi standar untuk perawatan pasien positif covid-19.

“Kalau untuk perawatan pasien positif covid-19 belum bisa, karena Rumah Sakit tersebut belum memiliki dokter penanggung jawab pasien (DPJP). Tapi kalau hanya untuk isolasi bisa saja. Kalau sudah Ada DPJP bisa merawat pasien positif covid-19 dan di SK kan oleh Bupati atau Gubernur. Tapi kita akan tetap meningkatkan pengawasan,” jelasnya. (NJ)